Tanaman Tempuyung Penggempur Asam Urat

Tahukan anda bahwa tanaman tempuyung penggempur asam urat ? Nah, untuk anda yang ingin tahu informasi selengkapnya tentang tanaman penggempur asam uarat silah simak dengan baik informasi selengkapnya disini. Penyakit asam urat saat ini sudah jadi suatu penyakit yang sering kali di alami oleh beberapa orang yang berumur 30 th ke atas. Tetapi jangan sampai dikira penyakit ini adalah penyakit yang ringan lho, lantaran apabila lagi meradang sungguh tak mampu terbayangkan rasa sakit yang dapat dirasakan para penderitanya. Asam urat merupakan senyawa yang sukar larut dalam air. Kadar asam urat darah normal untuk laki laki dewasa berkisar antara 3,5-7,2 mg/dl & untuk wanita antara 2,6-6,0 mg/dl.

Baca Juga : beberapa makanan redakan peraangan di tubuh

Dewasa ini keluhan bakal penyakit ini juga semakin terdengar. Dari data survey didapatkan bahwa 3 dari 1.000 orang menderita hiperurisemia (peningkatan kadar asam urat dalam darah dengan cara kronis melebihi batas normal). Rata-rata, gejala ini tidak sedikit ditemui pada pria yg berusia lebih dari 40 th & jarang berjalan terhadap wanita (kecuali sesudah menopause.

Berkaitan penyakit asam urat, salah satu tanaman yang akan dipakai untuk menanggulanginya merupakan tempuyung. Tanaman yang bernama latin Sonchus Arvensis ini ialah tanaman yang berasal dari Eurasia ini dikenal bersama nama lokal yang merupakan jombang, galibug, lempung, rayana (Sunda),tempuyung (Jawa), niu she tou (Tiongkok), laitron des champs (Perancis), & sow thistle (Inggris).

Ditilik dari sosoknya, tempuyung adalah tumbuhan herba menahun, tegak, tinggi 0,6-2 meter mengandung getah & berakar tunggang yang kuat. Tumbuh liar di lokasi terbuka yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, seperti di tebing-tebing, pinggir saluran air, atau tanah terlantar, kadang sengaja ditanam yang merupakan tumbuhan obat.

Daun tanaman ini tunggal, sektor bawah tumbuh berkumpul terhadap pangkal mencetak roset akar. Bunga warnanya kuning cerah, lama kelamaan jadi merah kecokelatan. Yang berdaun mungil dinamakan lempung, & yg berdaun agung bersama tinggi mencapai 2 m dinamakan rayana.

Dengan Cara tradisional tanaman ini pula tidak jarang difungsikan untuk menghancurkan batu ginjal, obat memar akibat benturan, menghilangkan lesu & pegal-pegal, sedangkan di Tiongkok, daun tempuyung tidak hanya sebagai obat serta diperlukan sbg insektisida.

Kandungan kimia yang terdapat dalam tanaman ini merupakan ion-ion mineral antara lain silica, kalium, magnesium, natrium & senyawa organic macam flavonoid (kaemferol, Luteolin-7-O-glukosida & Apigenin-7-O-glukosida), kumarin (skepoletin), taraksasterol, inositol, pun asam fenolat (sinamat, kumarat & vanilat). Dilaporkan, kandungan flavonoid keseluruhan di dalam daun tempuyung 0,1044 %.

Sedangkan akar tempuyung mengandung senyawa alkaloid keseluruhan kurang lebih 0,5 persen & flavonoid yg paling besar yakni apigenin-7-0-glukosida. Apigenin-7-0-glukosida yaitu salah satu golongan flavonoid yang memiliki potensi lumayan baik buat menghambat kerja enzim xantin oksidasi & superoksidase, maka pembentukan asam urat menjadi tertahan atau menyusut.

Keamanan dari penggunaan rebusan daun tempuyung sudah diteliti dgn memanfaatkan hewan mencoba tatkala 3 bln, & didapatkan hasil bahwa tanaman ini aman buat dimakan asal cocok bersama aturan yang sudah ditetapkan.

Cara meramu daun tempuyung buat mengatasi asam urat terbilang gampang. Kamu hanya butuh menyiapkan 15-60 g tempuyung segar (daun & akar), selanjutnya dicuci & direbus dengan 3 gelas air hingga air jadi setengahnya. Sesudah dingin, disaring & air rebusan tadi dibagi untuk diminum sehari 2 kali. 

Itulah yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan berguna buat kalian nah untuk berita kesehatan lebih komplit silakan anda klik obat Alami penyakit asam urat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *