Bahaya Yang Diakibatkan Penyakit Asam Urat

Bahaya yang diakibatkan penyakit asam urat yang dikatehui masyarakat hanya sekedar rasa sakit yang terjadi pada bagian jari kaki dan pada sendi terutama pada sendi lutut, namun harus anda ketahui bahwa penyakit asam urat dapat berkembang dan jika kadar asam urat terus dibiarkan dalam waktu terlalu lama akan mengendap dan berubah membentuk kristal yang akan menjadi masalah penyakit lainnya.

Berikut beberapa bahaya yang diakibatkan penyakit asam urat, antara lain:

1. Nyeri Pada Persendian

Dalam jangka waktu yang lama zat purin yang berlebihan menumpuk pada kristal urat dan di sekitar sendi, akan berakibat peradangan pada sendi. Akibatnya sendi membengkak, memerah bahkan kulit pun akan terkelupas.

2. Penyakit Darah Tinggi Atau Hipertensi

Asam urat yang berlebihan dapat menyebar keseluruh tubuh bersama darah dan juga dapat meningkatkan kekentalan darah di dalam tubuh. Oleh karena itu kinerja jantung meningkat dalam memompa darah yang berakibat tekanan darah meningkat dari biasanya. Apabila terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan penyakit darah tinggi.

3. Penyakit Batu Ginjal

Kristal yang menumpuk jika dibiarkan terlalu lama akan berubah menjadi batu, pembentukan batu ini hanya dapat terjadi diginjal karena terdapat ruang untuk mengkristal akibat dari kelebihan zat purin penyebab asam urat.

4. Penyakit Gagal Ginjal

Asam urat yang berlebihan dapat menyebabkan gagal ginjal. Bagi orang yang menderita penyakit leukemia, limfoma, limfoma non-hodgkin dan penyakit hongkin sangat beresiko terkena penyakit ini, ini terjadi karena urin yang seharusnya dibuang dari tubuh akan terperangkap dan akan meracuni tubuh.

Itulah beberapa bahaya yang diakibatkan penyakit asam urat yang sudah lama dan tidak terkontrol, sehingga membentuk kristal di dalam urat dan menyebar keseluruh tubuh melalui darah. Semoga artikel ini memberi sedikit pengetahuan untuk anda tentang bahaya yang diakibatkan penyakit asam urat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *